Sunday 26 February 2017

Update Akuaponik IBC 2017_01

Setelah sekian lama, ingin rasanya meng-update akauponik ibc, walau tanaman di akuaponik ini sedang merana. Posisinya yang terlalu dekat rumah, menyebabkan kurangnya sinar matahari, bahkan hampir 90% seperti saat ini, saat matahari berada di sebelah selatan katulistiwa. Pada saat matahari kurang bersahabat, akuaponik tetap berjalan walau kurang maksimal. Tapi jangan salah, akuaponik tidak hanya sayuran, tapi juga ikan, walau merana dari segi sayur, ikan justru sebaliknya, kami sering mengambil untuk lauk, karena tujuan utama kami memang untuk kebutuhan gizi keluarga. 

 
Jika ada saudara datang bisa masak ikan he..

 
Karena kami bertiga kami ambil cukup 3 saja.


Meskipun sayuran di akuaponik ibc sedang 'istirahat', kami bisa mengambil sayuran dari akuaponik lain atau yang kami tanam di pot.  Sayuran dan ikan terkadang kami kombinasikan menjadi menu yang lezat menurut selera kami. Seperti di bawah ini, dengan mengumpulkan sayuran di kebun dan mengambil ikan di akuaponik ibc untuk membuat sop ikan makanan kesukaan kami.


Semua dari pekarangan kami.

 
Sop ikan favorit kami.

Kami mengambil ikan hanya yang sudah besar, dan memang lumayan, bobot ikan nila yang biasa kami ambil antara 500-750 gr.


 
Senang bisa panen kapanpun kita mau.

Terlalu asyik kami menikmati ikan, tidak terasa ikan mulai habis terutama di akuaponik ibc. Memang sejak pertama sekitar 2 tahun yang lalu, kami hanya membeli sekali ikan nila, setelah itu ikan beranak pinak sampai sekarang, dan yang kami ambil sekarang entah turunan keberapa he..
Kebetulan kami ingin menambah growbed untuk menanam sayuran terutama cabe dari kolam ibc, sehingga kami perlu menambah ikan lagi supaya nutrisi terpenuhi, selain itu jumlah ikan nila juga semakin sedikit.
Kemarin sore setelah growbed siap kami membeli ikan lele sebanyak 5 kg, yang isinya setelah dihitung ada 380 ekor, kata penjual umur lele sekitar 1 bulan. Lele kami masukkan ke kolam ibc 1 yang sebelumnya ikan nila yang tersisa tidak lebih dari 20 ekor kami pindahkan ke kolam ibc 2.






Growbed baru dengan sistem aliran atas.


Selain lele kami membeli nila 2 kg, yang jumlahnya 25 ekor. maksud kami supaya lele baru ini ini bisa kawin dengan lele yang lama yang tinggal di ibc 2.








 
Pedro sedang menghitung lele he...

Setelah lele masuk kolam, pagi ini lele dalam kondisi sehat mau makan. O iya air kolam sengaja tidak kami ganti meskipun kami masukkan 100% ikan baru di ibc 1, alasan kami sistem sudah bagus atau 'matang'.


Kondisi lele pagi ini.


8 Maret 2017

Masalah ternyata datang setelah pembelian ikan baru, beberapa hari kemudian ikan nila yang baru saja dibeli ternyata bergelimpangan, kemungkinan karena jamur. Sama seperti dulu di awal, ikan banyak yang sakit dan akhirnya mati, untuk antisipasi terpaksa kolam dikuras. 
Untungnya kami diberi penghiburan meski ikan nila baru banyak yang mati. Setelah dikuras, kami bisa melihat ikan  gurame yang kami pelihara sejak akuaponik ibc kami bangun, mungkin sudah sekitar 2,5 tahun, kami ambil salah satu dan kami foto 'klik' he... Bukan tanpa alasan, kami begitu senang dan heran, meski ukuran luas kolam hanya 1mx1m, tapi ikan gurame dapat tumbuh besar.





Trimakasih.

No comments:

Post a Comment