Sunday 26 February 2017

Update Akuaponik Sistem Sumbu #3

Setelah tanaman sawi tidak berkembang dengan baik, akhirnya kami memanen dan memasaknya meskipun kecil dan sedikit, bagaimanapun itu adalah hasil yang tetap harus diterima dan dinikmati, tapi jangan salah, sawi itu tetep bebas pestisida he... 
Setelah panen, beberapa hari kemudian kami coba tanam kangkung dengan 2 butir biji yang langsung dimasukkan di rockwool, dengan cara membuat lubang kecil. Sebelum biji kami masukkan kami coba tuang dulu di air, biji yang mengambang kami buang, dan yang kami tanam biji yang tenggelam. 
Biji kami masukkan ada yang tanggal 29 Januari untuk 3 lajur dan lajur berikutnya kalo tidak salah tanggal 1 Februari 2017, sekitar 2 hari kemudian mulai tumbuh.  
Seperti sebelumnya, kami mengamati pergerakan akar, memang perakaran kangkung begitu cepat, bahkan ada beberapa yang langsung menembus ke kain flanel lurus menuju ke air, dan tidak melewati jalur kain flanel.


 
Sekitar hari ke-8, perakaran sudah mulai begitu banyak.


Berbeda dengan tanaman sawi sebelumnya, bak tempat menanam sekarang tentunya sudah jauh lebih 'matang', karena sistem jauh lebih lama, sehingga meskipun bak ini digunakan sebagai penampung kotoran, setidaknya akan lebih banyak nutrisi yang bisa diserap.
Sama seperti sebelumnya, sinar matahari masih menjadi kendala utama, tanaman di area ini sekitar jam 10 pagi baru mendapatkan sinar, itu belum ditambah cuaca yang sering hujan, jadi terlihat tanaman kangkung lebih jangkung. Meskipun begitu, dari yang kami perhatikan, tidak ada tanda tanda tanaman atau ujung daun menguning sebagai tanada kekurangan nutrisi.


Sekitar hari ke-22.
Meskipun tidak bisa hijau pekat, tapi tanaman terlihat sehat, mungkin karena 100% dari kotoran ikan.


Sekitar hari ke-26







Jika dilihat dari samping.


Jika kami amati, tidak terlihat hama yang sembunyi dibalik daun, tanaman terlihat mulus, semoga setelah panen pertama, cabang semakin banyak sehingga semakin rimbun..




Akhirnya setelah umur kurang lebih satu bulan, tanggal 29 Februari kami panen, karena masih muda ketika dimakan rasanya memang jauh lebih enak dibandingkan setelah pemotongan atau setelah panen ke-2 dan seterusnya. Kangkung memang tidak rimbun, karena penanaman hanya 1-2 biji tiap netpot tapi itu cukup buat kami.

28 Maret 2017

Setelah pemangkasan/panen pertama, pertumbuhan kangkung semakin bagus, hal itu kemungkinan besar karena perakarannya yang semakin banyak dan luas.

 
Satu sisi panen, sisi lain tumbuh..

Trimakasih.

No comments:

Post a Comment