Saturday 17 June 2017

Update-Sistem Aliran Atas (Akuaponik IBC) #3


Ketidakonsistenan dalam proses penyemprotan hama, ternyata membuat hama yang tadinya hampir habis kini datang lagi. Sejak kehabisan 'amunisi', penyemprotan otomatis terhenti dan sayangnya kami tidak segera membuat lagi, karena kehabisan tembakau. Sejak itulah, dibalik daun mulai terlihat banyak semut bergerombol sebagai tanda ada banyak hama singgah. 
Dari 5 pohon cabe, 1 dianggap gagal karena setelah pemangkasan, pertumbuhan tetap kurang bagus dan semakin tua, akhirnya kami cabut. Dari 4 yang tersisa, ada 1 yang awal pertumbuhan paling bagus, justru paling parah terserang hama, walau begitu masih mampu berbuah. Sebenarnya ingin kami pangkas lagi tapi sayang, biarlah ini untuk pengalaman dalam kami menanam cabe berikutnya. 3 yang masih tersisa, meski pertumbuhan lumayan bagus, tapi juga terserang hama, masih untung tidak separah yang lain. 


Terserang hama parah tapi masih mampu berbuah.
    

Selain hama, masalah lain dari penanaman cabe dengan sistem aliran atas ini adalah jarak penanaman antara growbed dangan atap yang terlalu dekat. Tanaman cabe yang sudah semakin dewasa dan mulai berbuah pertumbuhannya membentur atap. Selain itu, ternyata jarak antar growbed dalam hal ini ember juga terlalu dekat sehingga ranting antar tanaman saling tumpang tindih, hal ini tentu saja punya efek pada penerimaan sinar dan juga berkembangbiaknya hama. 
Untuk sedikit mengatasi jarak yang terlalu dekat dengan atap, kami mencoba membengkokkan dengan cara melilitkan kawat pada batang cabe yang sudah besar. Mohon cara ini jangan ditiru, karena kalo tidak hati hati gampang patah, selain itu pemborosan, secara kebetulan saja di rumah ada sisa kawat he... Selain dengan kawat, kami juga mencoba menariknya dengan tali rafiah biar bisa sedikit melengkung sehingga mengurangi sentuhan dengan atap. 



Panah putih dengan kawat, panah kuning dengan rafiah.


Kami akui, walau hasil belum maksimal tapi cara menanam dengan sistem aliran atas ini rupanya cukup baik, dilihat dari 5 tanaman cabe hanya 1 yang gagal karena hama. Meskipun buah masih kecil-kecil tapi dari keempat tanaman yang berhasil tumbuh, semuanya mampu berbuah dengan baik. Setidaknya ke depan perlu ada perbaikan seperti jarak tanam, ketinggian dan juga pengendalian hama.


Cabe rawit kecil.


Buahnya masih kecil kecil.




Lumayan bisa dipetik saat membutuhkan.


Gambar diambil 5 Agustus 2017




Sekian dulu, trimakasih.


** Artikel sebelumnya.

No comments:

Post a Comment